Memilih Furniture Rotan Sintetis & Alami

Beberapa waktu ini furniture rotan semakin banyak diminati oleh para pemilik rumah karena menawarkan kesan yang mewah , minimalis dan modern sebagai interior dalam ruangan. Bila furniture ini dulunya hanya terbatas dengan warna dan bentuk – bentuk yang standar, sekarang ini furniture dari rotan makin mempercantik diri dengan cara memainkan cushion dan warna serta berbagai macam varian desain yang modern.

Namun pengetahuan minim akan karakteristik maupun keunggulan dari masing-masing produk furniture rotan baik Rotan Alami / Rotan Sintetis tersebut terkadang menjadi penyebab utama kebingungan kita dalam mengambil keputusan. Dari setiap penggunaan bahan baku pembuatan Furniture Rotan Alami maupun Furniture Rotan Sintetis tersebut memiliki karakter & keuggulan tersendiri yang umumnya disesuaikan dengan kebutuhan atau selera para pemakainya.

Furniture Rotan Alami, memiliki pengguna tetap dikalangan yang memang mengutamakan originalitas dari sebuah produk. Umumnya pengguna produk furniture ini berasal dari kalangan yang mengutamakan nilai seni yang terkandung dari perpaduan proses penggunaan bahan alami ini. Sebut saja teknik “Spray” atau “Washing” yang umum digunakan oleh para pengerajin Furniture Rotan Alami untuk menghasilkan sebuah komposisi pewarnaan yang sangat berkelas. Sehingga penggunaan produk furniture rotan alami ini lebih didominasi oleh kalangan dengan tingkat ekonomi tertentu maupun dari kalangan orang asing seperti, Eropa, Amerika dan sebagainya.

Proses produksi yang dilalui untuk meghasilkan produk furniture rotan alami ini cukup panjang, demi menghasilkan sebuah produk yang memiliki keunggulan tersendiri di kelasnya seperti:

  • Pemilihan Bahan Baku / Material yang berkualitas (kayu, Rotan, Enceng gondok, Pelepah Pisang, dll)
  • Pembuatan Pola dan Pemotongan
  • Pelapisan berbagai bahan kimia
  • Pengeringan & Assembly
  • Penganyaman
  • Dan banyak lagi proses yang wajib dilaluinya.

Selain proses yang sangat panjang untuk menghasilkan sebuah produk furniture rotan alami tersebut, factor bobot atau berat dari furniture rotan alami juga menjadi sebuah poin penting dalam pemilihan produk ini. Namun dari semua factor yag disebutkan diatas, umumnya permasalahan daya tahan dan proses pemeliharaan / membersihkan produk furniture rotan alami ini kerap menjadi pertimbangan bagi beberapa kalangan untuk menggunakan produk ini.

Faktor cuaca dari suatu daerah juga kerap menjadi pertimbangan utama dalam segi perawatan produk ini. Furniture Rotan Alami perlu mendapat perhatian lebih dari segi pemeliharaan / perawatan apabila ditempatkan pada daerah yang cenderung basah atau lembab. Selain itu Penggunaan Furniture Rotan Alami juga kurang tepat apabila di tempatkan pada area luar ruang (Outdoor) yang kerap mendapatkan air hujan dan matahari langsung.

 

Berbeda halnya dengan karakter atau keuggulan yang terdapat pada Furniture Rotan Sintetis. Produk ini memiliki keunggulan yang lebih beragam dibadingkan dengan penggunaan bahan material alami. Saat ini keberadaan bahan anyaman rotan sintetis telah merambah hingga berbagai Negara. Bentuk dan karakter dari Rotan Sintetis yang telah menyerupai bahan rotan alami menjadi daya tarik tersendiri bagi berbagai kalangan.

Berbagai tipe maupun kategori jenis bahan anyaman serta detail pewarnaan pada Rotan Sintetis menjadi keunggulan tersendiri yang sulit diterapkan pada bahan baku alami. Dari segi waktu produksi, pengerjaan furniture rotan sintetis cenderung lebih cepat karena tidak melewati berbagai proses yang dilalui oleh material alami. Pabrik yang memproduksi bahan anyaman rotan sintetis umumnya telah memasukkan berbagai elemen-elemen wajib seperti:

  • UV+ Protection
  • Anti Oksidan
  • Anti Static
  • Color Guard

Umumnya penggunaan rangka pada setiap pembuatan furniture rotan alami menggunakan material alumunium dengan berbagai type maupun ketebalan yang penggunaannya ditentukan oleh desain dari furniture itu sendiri. Hal ini membuat furniture rotan sintetis memiliki keunggulan tambahan seperti:

  • Ringan
  • Kuat terhadap Air & Cahaya matahari langsung
  • Tahan Lama
  • Mudah dibersihkan

Dari seluruh keunggulan-keunggulan yang terdapat pada furniture rotan sintetis ini membuat berbagai kalangan dari dunia usaha seperti Hotel, Resort, Kafe, Restoran, Apartment, Perkantoran, Real Estate hingga kalangan Rumah Tinggal lebih memilih untuk memiliki dan menggunakan produk ini karena lebih disebabkan dari segi fleksibelitas maupun efisiensi pada pemeliharaan, perawatan maupun penggantian dalam jangka panjang. Dan produk yang umum digunakan seperti: Sofa, Dining Set, Teras Set, Lounger, Kursi, Sofa Bed, dan sebagainya. Produk – produk ini kerap ditempatkan di area luar ruang seperti: Teras, Taman, Kolam Renang, Pantai, dan sebagainya.

Selain keunggulan diatas, berbagai kekurangan juga terdapat pada furniture rotan sintetis. Seiring dengan tingginya minat untuk menggunakan furniture rotan sintetis, menghasilkan beberapa produsen yang ingin meraup keuntungan lebih cepat dengan menghasilkan produk bahan anyaman rotan sintetis berasal dari berbahan dasar PVC yang sangat berbahaya bagi manusia dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan furniture rotan sintetis.

Kekurangan lain dari penggunaan bahan yang tidak tepat untuk sebuah furniture adalah: Bahan anyaman cenderung memiliki warna yang kurang cerah dan cepat pudar, Lebih Tipis, Getas dan Mudah Putus.

Penggunaan bahan baku Rotan Sintetis yang aman bagi manusia adalah yang menggunakan POLYETHYLENE (PE) dan sangat direkomendasikan untuk penggunaan pada furniture rotan sintetis. Tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan harga pada furniture rotan sintetis yang menggunakan bahan ini sedikit lebih mahal namun masih dalam kategori terjangkau bila disandingkan dengan kekuatan dan masa pakainya.

Sangat sulit untuk membedakan furniture rotan sintetis yang menggunakan bahan berkualitas atau yang berbahaya bagi manusia. Salah satu cara yang efektif untuk menentukan furniture rotan sintetis tersebut berkualitas hanya dengan membelinya melalui produsen penghasil produk Furniture Rotan yang telah memiliki reputasi dan terpercaya dan tentunya mencantumkan harga yang reasonable untuk seluruh produk yang dihasilkannya juga memiliki layanan yang memuaskan.

Bagaimana?? apakah anda telah menjatuhkan pilihan ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *