Tips Beli Furniture Online Aman & Mudah

Saat ini banyak orang tidak lagi melakukan cara-cara tradisional seperti pergi ke toko atau mal untuk membeli barang. Mereka lebih memilih berbelanja secara online.

Walaupun belanja online cukup memberikan kenyamanan pada beberapa orang, Namun ada juga sejumlah orang yang masih skeptis karena tidak yakin dengan keamanan saat belanja online. Didukung dengan sejumlah laporan penipuan, termasuk kasus pencurian identitas yang membuat citra berbelanja online menjadi buruk.

Keamanan memang selalu menjadi hal yang paling penting, terutama ketika ada kegiatan transaksi uang terlibat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda berbelanja online dengan aman :

1. Belanja di situs terpecaya

Sebagian besar kasus penipuan dan pencurian identitas terjadi ketika transaksi dilakukan melalui media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Inilah sebabnya mengapa Anda harus belanja online lewat situs populer dan terpercaya.

Pastikan website yang Anda pilih popular, otentik dan dapat dipercaya oleh pelanggan. Testimonial di situs yang menunjukkan kepuasan konsumen membuktikan legitimasi situs tersebut.

2. Jangan tergiur dengan harga barang yang murah. Pastikan kalau barang itu punya kualitas.

Penting untuk diingat, jangan tergiur dengan harga murah yang diberikan situs tersebut. Kalau kamu mau membeli barang, jangan hanya perhatikan harga, tapi perhatikan kualitas barang tersebut. Kamu pasti punya alasan kenapa kamu membeli barang tersebut secara online. Harga boleh murah, tapi kalau kualitas murahan? Nanti menyesal, loh…

Ini terutama berlaku ketika kamu mau membeli barang furniture. Ada toko online yang memasang harga jauh di bawah harga pasar. Kamu harus benar-benar pastikan bahwa barang yang dijual itu “beres”. Lihatlah ulasan dari pembeli sebelumnya: apakah barang yang dijual asli atau palsu? Jika kamu membeli barang bekas, apakah garansi produk itu masih berlaku?

3. Jadilah Bijaksana

Hal ini dimengerti bahwa pengecer dan pedagang akan meminta beberapa informasi pribadi untuk transaksi Anda, tapi info ini seharusnya hanya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak, usia, dan nomor kartu kredit (tergantung pada jenis pembayaran).

Anda tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya yang akan terkait dengan transaksi tersebut karena ini dapat memberikan kesempatan orang mencuri identitas Anda.

4. Jangan gampangkan rincian produk yang tersedia

Di setiap situs jual-beli pasti ada rincian produk yang akan kamu beli. Kalau kamu tertarik membeli barang keperluan rumah tangga, pastikan barang tersebut dalam kondisi baik. Perhatikan ukuran barang yang ada di gambar, dan perkirakan produk itu sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau masih ragu, jangan malu bertanya langsung ke toko online tersebut.

5. Simpan bukti transaksimu. Jangan sampai itu terselip!

Langsung simpan dengan baik bukti transaksi yang kamu punya. Jangan biarkan tercecer, lebih lagi hilang. Selain itu, simpan juga data tentang deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, serta salinan percakapan elektronik antara kamu dan si penjual. Ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa minta ganti rugi dengan gampang.

Nah, gimana ? Apakah anda sepakat kalau anda perlu jadi pembeli yang lebih cerdas? Selamat berbelanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *